Jumat, 28 Oktober 2011

Hore, Bisa Pasang Iklan di WordPress



Ini sebuah kabar gembira bagi para blogger, terutama yang memakai blog gratis dari WordPress.com.

Setelah sekian lama, akhirnya para pengguna WordPress nantinya akan mampu beriklan sendiri. Pasalnya, Automattic, perusahaan di balik WordPress.com, dan Federated Media telah bekerjasama untuk memberikan kemampuan bagi jutaan pengguna WordPress di seluruh dunia, kemampuan untuk menaruh iklan dari pihak ketiga di blog mereka masing-masing.

Seperti yang dikutip dari Mashable, kerjasama yang diumumkan kedua perusahaan di acara konferensi Web 2.0 Summit di San Francisco ini, akan memungkinkan merk serta para pengiklan untuk ikut berpartisipasi dengan para pengguna di situs WordPress.com. “Dengan kerjasama ini para pengiklan akan mampu menargetkan produk mereka ke ribuan atau bahkan jutaan situs yang diperkuat mesin WordPress,” ujar Deanna Brown, CEO dari Federated Media.



Selama ini, wordpress gratis memang melarang semua jenis javascript dan link untuk pemasangan iklan dan referal kecuali untuk youtube dan amazon. Ini selalu dikeluhkan oleh para blogger di seluruh dunia. Apalagi, kini semakin marak usaha menjadikan blog sebagai tempat untuk mencari penghasilan.

Namun, walau WordPress dulunya tidak memperkenankan adanya pemasangan iklan, tapi para blogger tetap menggemari wordpress karena memiliki sejumlah keunggulan lain dibanding blogspot. Namun, para pengguananya harus beralih menggunakan wordpress. Org.

Misalkan saja, WordPress.org menawarkan script gratis yang bisa didownload, di mana Anda bisa menempatkan script tersebut pada server hosting sendiri. Untuk menggunakan platform wordpress.org tentunya Anda harus menyiapkan dana untuk domain dan hosting sekitar 250 ribu untuk satu tahun.

Salah satu faktor yang sangat penting dari WordPress.org ini adalah tersedianya banyak plugin-plugin gratis untuk meningkatkan performa blog. Plugin-plugin ini yang pasti tidak tersedia di blogger.com, jadi ini adalah perbedaan antara keduanya. Ada plugin yang ditawarkan di WordPress.org untuk membuat blog Anda lebih unggul pada mesin pencari dan banyak jenis plugin lainnya untuk berbagai kegunaan dibanding dengan blogger.com yang tidak memiliki plugin.

Satu hal lagi yang perlu diingat, inti perbedaan antara WordPress dan blogger.com adalah bahwa dengan WordPress Anda memiliki kontrol penuh atas blog Anda, sedangkan pada blogger.com Anda tidak memilikinya. Memiliki kontrol penuh blog Anda adalah hal paling penting yang harus Anda punya jika Anda membangun sebuah blog untuk keperluan bisnis dan jangka panjang.

Saat ini, jumlah pengguna wordpress di seluruh dunia mencapai 50 juta blog. Jumlah ini sangat mudah diketahui, karena WordPress memiliki sebuah penghitung di situs utamanya, yang menghitung pemasangan blog di server mereka.

Menurut pihak WordPress, saat ini mereka telah menghosting 302.882 postingan dan 270 ribu komentar. Hal tersebut berarti ada sekira 210 postingan dan 188 komentar yang masuk setiap menitnya. Selain itu, data statistik di WordPress juga menunjukkan ada 77 juta kata yang ditulis di blog mereka, hampir dua kali lipat dari kamus Encyclopedia Britannica.

Beberapa data statistik yang dibeberkan WordPress adalah 287 juta orang yang dihitung dalam 2,5 miliar pageview di blog mereka. Jumalh sebanyak itu adalah pembaca postingan yang ditulis dalam 120 bahasa. Bahasa Inggris dihitung sebagai bahasa mayoritas yang ditulis di WordPress, Sementara bahasa Spanyol serta Portugis menduduki posisi kedua dan ketiga.

Gadget

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.