Jumat, 28 Oktober 2011

Nokia Lumia 800 Pakai Windows Phone



Nokia akhirnya resmi meninggalkan sistem operasi Symbian yang selama beberapa tahun terakhir dipakai di ponsel pintarnyaa. Perusahaan asal Finlandia itu baru saja memamerkan koleksi smartphone terbarunya yang sudah memakai sistem operas berbasis Windows Phone 7.5 (Mango). Seri itu sendiri mempunyai kode nama Lumia 800.

Nokia memperkenalkan Lumia 800 dan sejumlah ponsel terbaru lainnya pada hari pertama konferensi tahunan Nokia World di London, Rabu, 26 Oktober 2011. Puncak perhatian acara ini tentu saja ketika CEO Nokia, Stephen Elop, memperkenalkan Windows Phone pertama yang diproduksi Nokia yang ada di Lumia 800.

Tak hanya satu, Nokia juga memperkenalkan ponsel Nokia Windows Phone lainnya, Lumia 710. Keduanya mempunyai desain dan warna yang hampir mirip dengan Nokia N9 yang menggunakan sistem operasi Meego. Nokia menggambarkan kedua ponsel yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 7.5 (Mango) ini dengan kata “stylish and smart”.



Bentuk Lumia 800 menyerupai Nokia N9. Lumia 800 tampil cantik dengan bahan polycarbonate dan layar AMOLED berukuran 3,7 inch. Ada tiga warna yang dihadirkan: cyan, magenta, dan hitam. Layar di ponsel ini akan menggunakan ClearBack OLED display, yang juga dilengkapi dengan RAM 512MB.

Telepon pintar ini akan dipasarkan seharga US$584 atau sekitar Rp5 jutaan. Kisaran harga ini memang berlaku pada ponsel pintar lainnya. Saat ini, Windows Phone perdana Nokia ini sudah tersedia untuk pre-order di sejumlah negara, dan bisa dipesan di website Nokia. Selanjutnya, Lumia 800 akan tersedia di Perancis, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol, dan Inggris Raya pada bulan November. Kemudian menyusul pada akhir tahun di Hong Kong, India, Rusia, Singapura, dan Taiwan. Sisanya, akan hadir di awal tahun 2012, termasuk di Indonesia.

Nokia tampaknya berusaha ingin kembali berjaya di smartphone yang dulu pernah berada di genggaman mereka. Lewat Lumia 800, Nokia seakan ingin menyaingi smartphone berbasis Android atau iPhone 4S. Agar bisa bersaing, maka Lumia 800 dilengkapi dengan prosesor 1,4GHz dengan akselerasi pada hardware dan prosesor grafis. Lumia 800 dilengkapi kamera Carl-Zeiss, kamera f2.2 aperture, yang didesain untuk menghasilkan gambar berkualitas baik di ruang yang kurang pencahayaan.

Selain itu, Nokia 800 mempunyai kemampuan merekam video HD 720p dan dilengkapi dengan kamera 8MP. Sebagai tambahan storage, pengguna ponsel ini mendapat kapasitas sebesar 25GB gratis melalui layanan Microsoft SkyDrive.

Sejumlah fitur menarik juga dihadirkan Nokia di Lumia 800, seperti Nokia Drive, navigasi suara, Nokia Music dan Mixed Radio. Nokia Music, Sports Hub, dan Nokia Drive merupakan contoh aplikasi gratis yang terpasang di Lumia 800. Selain itu, bekerja sama dengan ESPN, Nokia juga memasang aplikasi Sports Hub. Aplikasi ini akan memberikan sejumlah informasi berita olahraga, termasuk hasil pertandingan secara live dan data mendetail mengenai liga, tim, hingga pemain.

Gadget

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.