Sabtu, 21 Januari 2012

VAKSIN TT


VAKSIN TT
A.   Deskripsi
Vaksin TT merupakan suspensi koloid homogeny berwarna putih susu dalam vial gelas, mengandung toksoid tetanus yang telah dimurnikan teradsorbsi kedalam alumunium fosfat, dan mengandung potensi sedikitnya 40 IU. Vaksin TT berupa suspense untuk injeksi.

B.   Komposisi
Setipa dosis ( 0,5 ml ) mengandung zat berkhasiat : toksoid tetanus yang dimurnikan sebanyak 10 Lf. zat tambahan : alumunium fosfat 1,5 mg, thimerosal 0,05 mg.

C.   Indikasi
Imunisasi aktif terhadap tetanus dan perlindungan terhadap neonates pada wanita usia subur.

D.   Cara kerja obat
Merangasang tubuh membentuk antibody terhadap titanus

E.    Posology
Imunisasi TTuntuk mencegah tetanus neonatorum terdiri dari dua dosis perimer @ 0,5 ml yang di berikan secara intramuskuler dengan interval 4-4 minggu, diikuti dosis ketiga 6 bulan berikutnya.

Tt dapat di berikan bersamaan dengan vaksin BCG, campak, rubella, mumps, polio ( OPV dan IPV ) Hepatitis B, Haemophilus Influenza Tyipe B, dan Yellow Fever, serta suplemen Vitamin A.

F.    Efeksamping
Bersifat ringan dan jarang, seperti sakit dan kemerahan pada lokasi suntikan yang bersifat sementara, serta kadang-kadang demam. Sehingga aman di berikan pada saat kehamilan.

G.   Kontraindikasi
1.     Reaksi bert terhadap dosis TT sebelumnya
2.     Hipersensitif tehadap salah satu komponen dari vaksin
3.     Imunisasi baiknya tidak di berikan pada saat keadaan demam atau infeksi akut, pada demam ringan ( minora a febrile illness ) seperti infeksi ringan pada pernafasan bagian atas, imunisasi dapat di berikan .
4.     Immune-defisiensi individu yang terjadi HIV symtomatic maupun asymptomatic, harus di vaksin TT menurut jadwal yang telah di tetapkan

H.   Interaksi Obat
Tidak di temukan adanya interaksi obat

I.       Peringatan perhatian
Vial vaksin harus dikocok untuk menghomogenkan suspensi. Vaksin harus di suntikan secara intramuskuler, setiap penyuntikan harus menggunakan syringe steril.
Sebelum vaksin di gunakan, informasi pada lebel atau gambar Vaccine Vial Monitor ( VVM ) agar di ikuti sesuai dengan perosedur dan petunjuk yang ada.

J.      Penyimpanan
Simpan pada suhu ± 20 C sampai dengan ± 80C. JANGAN DI BEKUKAN.

K.   Kemasan
Box @10 vial ( 5 ml/10 dosis ) ; Reg. No GKL 8502901443A 1
Box @10 vial ( 10 ml/20 dosis ) ; Reg. No GKL 8502901443A 1

Gadget

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.